Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja merupakan salah satu wisata di Jogja yang sudah banyak dikenal oleh banyak wisatawan, baik itu wisatawan domestik ataupun wisatawan mancaneggara. Sendratari ini diselenggarakan di Panggung Terbuka di Komplek Candi Prambanan Yogyakarta. Pada bulan ini, Oktober sendratari deselenggarakan setiap hari selasa, kamis, dan sabtu. Di minggu terakhir bulan Oktober, Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja akan dilangsungkan pada tanggal 25, 27, dan 29. Tiket yang dijual untuk bisa menyaksikan pagelaran ini adalah mulai dari harga 125.000 rupiah hingga 375.000 rupiah per orang. Bagi Anda yang sedang berlibur di Yogyakarta bisa juga untuk menyaksikan pertunjukan yang dinilai sangat artistic dan penuh dengan nilai budaya jawa.
Jalan cerita dari pertunjukan Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja adalah menceritakan tentang kisah Ramayana dibagi dalam 4 sesi. Sesi pertama yaitu tetang penculikan Sinta oleh Rahwana. Sesi kedua bercerita tentang misi Anoman ke Alengka untuk menyelamatkan Sinta. Sesi ketiga tentang kematian Kumbakarna atau Rahwana yang mati dikalahkan Rama. Dan disesi terakhir bercerita tentang pertemuan Sinta dan Rama yang sebelumnya diawali dengan drama pembuktian bahwa Shinta masih suci. Cara pembuktiannya adalah dengan Sinta harus terjun ke api yang menyala dan jika Sinta tidak terluka sedikitpun maka Sinta memang masih suci. Dan terbukti Sinta tidak mengalami luka sedikitpun malahan lebih cantik dari sebelumnya, dan Rama sedia untuk kembali bersama Sinta. Cerita ini sejatinya selalu di ulas sewaktu kita sekolah dan disini kita bisa menyaksikan langsung cerita rakyat ini yang tentunya sangat menghibur dan sangat cocok dijadikan pembelajaran bagi kita dan anak anak kita. Jadi kalau mampir ke Jogja harus liat Sendratari Ramayana Ballet ini

Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja
Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja

Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja ini ditampilkan oleh para penari dengan diiringi musik gamelan. Tanpa dialog oleh pemainnya, namun Anda masih bisa menikmati pertunjukan. Selain di Komplek Candi Prambanan, pertunjukan tari ini Wisata Sendratari Ramayana Ballet Jogja juga bisa disaksikan di Kawasan Kraton Jogja, tepatnya di Purawisata Yogyakarta di Jalan Brigjen Katamso timur Kraton Yogyaarta.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Foto : Soloraya

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account